TomangAdvertorialSumenep

Salurkan CSR, BRI Sumenep Dorong UMKM Desa Lobuk Tumbuh dan Tangguh

Avatar Of Dimadura
739
×

Salurkan CSR, BRI Sumenep Dorong UMKM Desa Lobuk Tumbuh dan Tangguh

Sebarkan artikel ini
Lugas: Pemimpin Branch Office Bri Sumenep, Heru H, Saat Mengisi Materi Workshop Tentang Pemberdayaan Pelaku Umkm Di Balai Desa Lobuk, Selasa 28 November 2023 (Foto: Doc. Dimaduraid)
LUGAS: Pemimpin Branch Office BRI Sumenep, Heru H, saat mengisi materi workshop tentang pemberdayaan pelaku UMKM di Balai Desa Lobuk, Selasa 28 November 2023 (Foto: doc. DimaduraID)

Img 20230304 014921 202 E1680177139947NEWS, SUMENEP – Branch Office BRI Sumenep menyalurkan Corporate Social Responsibility (CSR) untuk mendorong UMKM Desa Lobuk, Bintang Krispi, tumbuh dan tangguh serta dapat bersaing di tingkat pasar regional hingga internasional.

Penyaluran dana CSR BRI Sumenep ini dikemas dalam acara workshop bertajuk “UMKM Tumbuh, UMKM Tangguh: Pengembangan Klaster Unggulan Melalui Inovasi dan Digitalisasi”, Selasa (28/11), bertempat di Balai Desa Lobuk.

Pemimpin Branch Office (BO) BRI cabang Sumenep, Heru H dalam sambutannya mengungkapkan, bantuan dana CSR untuk UMKM Bintang Krispi Desa Lobuk ini merupakan Tanggungjawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) bank BUMN di setiap daerah.

“Dalam artian, TJSL ini memang menjadi komitmen kami sebagai lembaga Perseroan Terbatas (PT) demi ikut serta berperan dalam pembangunan ekonomi di daerah,” jelasnya.


BACA JUGA: Inilah 4 Mahluk Gaib Penjaga Situs Keramat di Pulau Gili Labak


Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan sehingga dapat membawa manfaat, baik bagi perseroan sendiri, komunitas, maupun masyarakat pada umumnya.

Selanjutnya, Heru menyampaikan materi dan arahan kepada para pelaku UMKM Desa Lobuk terkait bagaimana cara melakukan inovasi di bidang produksi dan pemasaran hasil produk Bintang Krispi.

Bahwa di era digitalisasi saat ini, terang Heru, pelaku UMKM dituntut untuk tidak hanya menggalakkan produktivitas pengolahan hasil bumi, tetapi juga mesti paham bagaimana cara bersaing dan memasarkan produk dengan memanfaatkan teknologi informasi.

“Jadi dalam hal konsep pemasaran, untuk memaksimalkan keuntungan di era saat ini, selain kita penuhi kebutuhan konsumen di pasar-pasar modern dan tradisional, kita juga bisa mengupayakan cara meningkatkan penjualan dan mengalahkan kompetitor, salah satunya dengan memanfaatkan media sosial untuk membranding produk kita,” papar dia mencontohkan.

Heru lalu menyebutkan macam-macam teknik pemasaran menggunakan digital (digital marketing), antara lain sosial media marketing, email marketing, video marketing, call to action marketing, augmented reality marketing, dan inboun marketing.


BACA JUGA: Orasi Kebangsaan, Cawapres Mahfud MD Ajak Masyarakat Sumenep ‘Jemput Sejarah’


Sebelum mengakhiri penjelasan, Heru berharap bantuan CSR BRI berupa Freezer, Spinner, Alat Pres, Kompor dan Wajan yang disalurkan bisa bermanfaat bagi para pelaku UMKM Bintang Krispi Desa Lobuk.

“Semoga produk bintang krispi nanti tidak hanya menjangkau konsumen yang ada di Madura, tetapi bagaimana juga tembus se-Indonesia bahkan luar negeri,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Lobuk, Mohammad Saleh, mengucapkan terima kasih kepada pihak BRI yang telah mendorong klaster UMKM Bintang Krispi.

“UMKM sebagai ujung tombak perekonomian negara, maka dengan adanya motivasi dari BRI tadi, terasa sekali manfaatnya kepada masyarakat kami, terutama yang bergerak di bidang UMKM,” ucapnya, saat diwawancara via saluran telepon, Selasa (28/11) malam.

Kades Saleh berharap, masyarakat Desa Lobuk dapat terus meningkatkan produktivitas mereka dalam memproduksi berbagai olahan hasil laut.

“Karena kalau sudah meningkat produksinya, maka yang jelas juga akan meningkat pendapatan yang kita peroleh,” katanya.


BACA JUGA:


“Tadi kita juga dapat spinner, alat untuk mengurangi kandungan minyak pada ikan yang sebelumnya hal itu belum pernah dilakukan. Alat itu dapat meningkatkan hasil produksi Bintang Krispi menjadi lebih baik. Jika kualitas baik, maka konsumen akan merasa puas,” ungkapnya.

Lanjut, Kades Mohammad Saleh lalu menyampaikan bahwa selain upaya peningkatan produksi dan inovasi pengolahan produk, menurutnya para pelaku UMKM Desa Lobuk saat ini juga membutuhkan bantuan modal.

“Seterusnya, bagaimana lingkungan yang terlibat di UMKM itu juga diberikan akses mudah mendapatkan pinjaman dengan bunga rendah, sebagai modal awal untuk pengembangan dan memenuhi minat pasar,” katanya.

“Sehingga masyarakat merasa, produksi yang mereka lakukan betul-betul ada yang membantu. Apalagi produk Bintang Krispi ini sangat laris sekali ya, terutama saat Pameran UMKM di depan Labang Mesem Keraton kemarin. Bahkan kami sempat kewalahan,” bebernya menambahkan.

Pihaknya yakin, adanya motivasi dan kerjasama dari BRI Sumenep ini akan menjadi motivasi tersendiri kepada masyarakat lain yang selama ini belum punya inisiatif untuk melakukan hal-hal baru untuk pengembangan diri serta ekonomi keluarga mereka, “khususnya dalam hal pengolahan hasil laut Desa Lobuk yang luar biasa,” tukasnya.

Ia juga berharap media massa juga dapat membantu menginformasikan tentang produk UMKM Bintang Krispi Desa Lobuk.

“Karena di era digital saat ini, adanya media memang sangat membantu, terutama agar masyarakat luar Sumenep, luar Madura, juga mengetahui adanya produk Bintang Krispi ini,” ucapnya.

“Agar mereka mau untuk mencoba merasakan produk kami dan ketagihan terus ingin menikmati produk Bintang Krispi Desa Lobuk,” pungkasnya.***